Makanan Korea

“Korean Style” sejak beberapa tahun belakangan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia terutama kaula muda. Dari mulai Boy Band Korea, Kebudayaan Korea hingga makanan Korea menjalar diseluruh Indonesia. Makanan khas Khas Korea yang sudah banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia seperti Kimchi, Kimbap, Bibimbap, Bulgogi, Rameyon dan Tteokbokki. Buat yang belum tau apa sih makanan-makanan itu? Ini penjelasannya….

 1. Kimchi

Kimchee atau kimchi adalah masakan khas Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan aneka macam bumbu, biasanya memiliki rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasa dibuat sebagai kimchi yaitu sawi putih (paling sering digunakan), lobak dan mentimun. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan kimchi terdiri dari cabai (biasanya cabai kering) jahe, bawang bombay, bawang putih, pasta udang dan saus ikan. Dalam pembuatannya, sayuran di campur dengan bumbu yang telah dihaluskan kemudian disimpan dalam wadah tertutup hingga
sayuran mengeluarkan air yang cukup banyak. Waktu yang diperlukan dalam pembuatannya ± 4-7 hari. Pembuatan kimchi biasanya dilakukan dalam jumlah banyak, karena kimchi termasuk makanan yang tahan lama. Kimchi biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan, disajikan bersama rameyon (kimchi rameyon), Bibimbap, dan Nasi Goreng Kimchi (kimchi bokkeumbap).

2. Kimbap

Gimbap atau kimbap adalah makanan khas Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) dan isian berupa potongan ikan, daging, telur dan sayuran yang digulung dengan lembaran rumput laut kering (gim) lalu dipotong kecil-kecil. Bentuk kimbap ini seperti sushi (makanan jepang). Di Korea sayuran yang biasa digunakan adalah bayam, wortel, timun dan acar lobak (danmuji), nasi yang digunakan untuk membuat kimbap di bumbui dengan garam dan minyak wijen.



3. Bibimbap

Bibimbap merupakan nasi campur ala Korea yang terbuat dari nasi putih, aneka macam lauk dan sayuran kemudian diberi tambahan saus sambal. Dalam penyajiannya bibimbap disajikan dalam mangkuk dengan pelengkap disajikan diatas nasi sedemikian rupa agar warnanya terlihat cantik dan menarik untuk disantap. Bibimbap juga ada yang disajikan dalam pot/ mangkuk panas seperti halnya hot plate.


4. Bulgogi

Bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan cara ditumis. Daging yang akan dimasak menjadi bulgogi sebelumnya di bumbui terlebih dahulu dengan campuran kecap, minyak wijen, bawang putih, lada dan jahe kemudian didiamkan selama ± 1 jam hingga bumbu meresap kedalam daging. Dalam penyajiannya bulgogi di taburi dengan biji wijen putih. Bulgogi biasa digunakan sebagai lauk dalam bibimbap, rameyon dan lain sebagainya.

5. Ramyeon (Baca:Ramyun)

Ramyeon merupakan mie khas Korea yang memiliki rasa asam pedas dan gurih. Penyjian ramyeon sangat unik karena disajikan dan dimakan langsung dalam panci yang digunakan untuk memasaknya. Penyajian ramyeon dapat dilengkapi dengan bulgogi, sayuran (wortel, mentimun dan lobak) serta tidak ketinggalan kimchi.




6. Tteokbokki

Tteokbokki ini adalah makanan khas Korea Selatan yang bisa ditemukan dijalan-jalan dan pada saat sedang diadakannya festival. Rasa dari Tteokbokki ini yaitu perpaduan dari rasa gurih, manis dan pedas serta dilengkapi dengan aroma yang sangat sedap sehingga membuat orang yang mencium aromanya sangat ingin memakannya. Tteokbokki terbuat dari kue beras, oden (sejenis pasta ikan) dan daun bawang yang dimasak dalam saus Korea yang memiliki rasa manis. Untuk menambah cita rasa, makanan ini biasanya disajikan bersama lada hitam dan kecap asin.

Setelah melihat makanan khas Korea yang sedang digilai oleh masyarakat Indonesia, bagi anda yang belum pernah mencoba makanan-makanan di atas,dibawah ini adalah restoran korea yang saya rekomendasikan untuk anda coba.......

1. Mujigae Resto (Bibimbap & Casual Korean Food)

‘Mujigae Resto (Bibimbap & Casual Korean Food)’ restoran ini tidak hanya menyajikan makanan korea saja tetapi juga membuat suasana restoran seperti restoran di korea juga menampilkan film dan music korea. Mujigae menyediakan makanan korea seperti Dolsot Bibimbap, Bulgogi, Ramyun, Topokki dan lain sebagainya.


2. Seigo Dakgalbi

‘Seigo Dakgalbi’ restoran ini menyajikan makanan korea seperti Bulgogi, Ramyun, Rappoeki dan lain sebagainya.

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    http://goo.gl/l7U4G8
    informasinya keren. Terimakasih :)

Posting Komentar

 
Runiz © 2011 | Designed by Ibu Hamil, in collaboration with Uncharted 3 News, MW3 Clans and Black Ops